Cara Memutihkan Gigi Kuning
Lifestyle

10 Cara Memutihkan Gigi Kuning

Memiliki gigi yang putih bersih adalah dambaan banyak orang. Namun, seringkali gaya hidup sehari-hari, kebiasaan makan tertentu, dan kurangnya perhatian terhadap kebersihan mulut dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Jika Anda mencari cara memutihkan gigi kuning tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk perawatan profesional, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba.

 

  1. Perubahan Pola Makan

Gigi kuning seringkali disebabkan oleh makanan dan minuman tertentu yang mengandung pigmen yang bisa menempel pada gigi. Hindari minuman seperti kopi, teh, anggur merah, atau minuman bersoda yang dapat mengotori gigi. Selain itu, makanan berwarna gelap seperti ceri, blueberry, atau saus tomat juga bisa menyebabkan noda pada gigi. Lebih baik mengonsumsi makanan yang lebih bersih seperti apel, wortel, atau brokoli yang dapat membantu membersihkan gigi secara alami.

 

  1. Gunakan Baking Soda

Baking soda memiliki sifat pemutih alami yang dapat membantu menghilangkan noda pada gigi. Campurkan sedikit baking soda dengan air dan gunakan sebagai pasta gigi alami. Gosokkan perlahan ke gigi Anda dan bilas secara menyeluruh setelahnya. Tapi perlu diingat, jangan gunakan terlalu sering karena bisa merusak enamel gigi.

 

  1. Minyak Kelapa untuk Oil Pulling

Metode oil pulling dengan menggunakan minyak kelapa bisa membantu membersihkan gigi dan gusi. Caranya sederhana, cukup ambil satu sendok makan minyak kelapa, kumur-kumur selama sekitar 15-20 menit, kemudian buang minyaknya. Lakukan ini sebelum menyikat gigi pada pagi hari.

 

  1. Perhatikan Kesehatan Gusi

Kesehatan gusi yang baik juga penting untuk gigi yang putih. Infeksi atau masalah gusi bisa menyebabkan gigi tampak lebih kuning. Gunakan benang gigi secara teratur untuk membersihkan sela-sela gigi dan jangan lupakan kunjungan rutin ke dokter gigi.

 

  1. Hindari Kebiasaan Merokok

Rokok adalah penyebab umum dari gigi kuning. Zat-zat yang terkandung dalam rokok dapat membuat warna gigi berubah dan sulit untuk dibersihkan. Berhenti merokok bisa membantu mencegah gigi semakin menguning.

 

  1. Pasta Gigi Pemutih

Pilih pasta gigi yang mengandung bahan pemutih seperti peroksida hidrogen atau enzim pemutih. Namun, gunakan dengan bijak karena penggunaan berlebihan dapat merusak enamel gigi.

 

  1. Berpikir untuk Perawatan Profesional

Jika gigi kuning terlalu membandel, pertimbangkan untuk melakukan perawatan profesional seperti pemutihan gigi oleh dokter gigi. Meskipun biayanya lebih tinggi, hasilnya lebih cepat dan efektif.

 

  1. Pentingnya Sikat Gigi yang Tepat

Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan ganti sikat secara teratur setiap 3-4 bulan untuk hasil yang optimal. Sikatlah gigi setidaknya dua kali sehari dan setelah mengonsumsi makanan yang berpotensi mengotori gigi.

 

  1. Konsumsi Susu atau Keju

Kalsium dan fosfor dalam susu atau keju dapat membantu memperkuat enamel gigi sehingga lebih tahan terhadap noda. Konsumsi produk susu secara teratur dapat membantu menjaga kebersihan dan kekuatan gigi.

 

  1. Perhatikan Konsumsi Gula

Gula adalah salah satu penyebab utama dari pembentukan plak dan gigi kuning. Batasi konsumsi gula dan perhatikan kebersihan mulut setelah mengonsumsinya.

 

Memutihkan gigi kuning secara alami membutuhkan kesabaran dan konsistensi. Selain melakukan perubahan gaya hidup, jaga konsistensi dalam merawat kebersihan mulut Anda. Ingatlah bahwa hasilnya mungkin tidak langsung terlihat dalam semalam, namun dengan perawatan yang tepat, Anda akan melihat perubahan yang positif pada gigi Anda.

 

Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat dan dapat menerapkan cara-cara yang sudah dijabarkan diatas untuk memutihkan gigi kuning sesuai keinginan, terimakasih.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *